Gempuran Ipad China

Cerita tentang China dan barang imitasi memang tak akan pernah ada habisnya. Negara itu merupakan pemasok berbagai barang imitasi termasuk gadget-gadget yang sedang hot. Sebut saja, mulai dari imitasi pemutar musik iPod, ponsel iPhone, atau bahkan ponsel-ponsel kloningan BlackBerry.

Ketika Apple mulai meluncurkan tablet iPad di awal tahun ini, berbagai vendor-vendor komputer mulai dari HP, Dell, Acer, Asus, hingga MSI pun berlomba-lomba memanfaatkan momentum itu untuk meluncurkan komputer tablet sejenis.

Tak terkecuali, gadget-gadget imitasi China yang memiliki desain sangat mirip, serta nama yang beda-beda tipis. Bahkan, gadget-gadget imitasi ini justru sering lebih cepat dijumpai di pasaran, ketimbang gadget aslinya. Berikut ini gadget mirip “iPad” tiruan dari China;


1. iPed
iPed adalah tablet komputer yang nama dan ejaannya paling mendekati iPad. Namun, komputer tablet yang dibuat oleh sebuah pabrik di Shenzhen China itu, memiliki perbedaan mencolok dengan iPad, yakni pada sistem operasi yang dijalankan serta harga.

Bila iPad berjalan di atas platform iPhone OS, iPed justru menggunakan sistem operasi terbuka Android. Prosesor yang dibesutnya adalah chip Intel bukan Apple A4. Memorinya RAM-nya 128 MB dengan penyimpanan berkapasitas 16GB.

Tapi untuk masalah harga, iPed jauh lebih murah. Tak seperti iPad yang dibanderol US$ 500, iPed dijual lima kali lebih murah, yakni hanya seharga US$ 105 atau sekitar Rp 960 ribuan.

2. APad
Buku manual tablet APadKemunculan tablet komputer APad berbarengan dengan iPed. Kecuali namanya yang mirip dengan iPad tidak banyak data-data yang diketahui dari komputer ini.

Gadget mobile internet device berlayar 7 inci ini juga bersistem operasi Android.

Selain itu, tablet layar sentuh ini juga dilengkapi dengan koneksi WiFi.

3. iRobot
Nama gadget ini lebih mirip nama film yang dibintangi oleh Will Smith. Tapi tampang tablet ini juga meniru desain iPad dengan frame tebal hitam yang khas.

Komputer Tablet iRobot Dari namanya yang mengandung kata ‘Robot’ sudah bisa ditebak bahwa gadget ini berplatform Android, yang logonya juga mengambil gambar sebuah robot.

Seperti dilansir oleh The Register, komputer tablet ini mengadopsi sistem Android 1.5 dan ditenagai oleh prosesor besutan RockChip yang paling baru, RK 2808.

Tak seperti iPed, iRobot menyediakan berbagai pilihan konfigurasi memori. Menurut laporan dari Androidpads.com, gadget ini bisa dibeli seharga antara US$ 130 (Rp 1,2 juta) sampai US$ 250 (Rp 2,3 juta).

4. P88
Komputer tablet ini dijuluki oleh situs The Next Web sebagai tablet imitasi iPad pertama. Ia muncul saat iPad belum diluncurkan, yakni pada Oktober tahun lalu, atau tiga bulan sebelum peluncuran iPad pada Januari.

Komputer Tablet P88Tablet 10 inci besutan Shenzhen Dragon Brother Industrial itu, memilih platform Windows, dengan prosesor Intel Atom 1,6 GHz, memori RAM 1GB, dan kapasitas penyimpanan hard disk internal 160 GB. Dilengkapi dengan 3 pangkalan USB, port VGA, tablet berbobot 1 kg itu juga mendukung kemampuan multitasking.

Kendati masih lebih murah daripada harga iPad, namun harga P88 masih termasuk lebih tinggi ketimbang kloning iPad asal China lainnya. P88 dibanderol seharga US$ 440.

5. Zenithink
Komputer Tablet ZenithinkKomputer tablet 10 inci ini diproduksi oleh perusahaan asal Shenzhen bernama Zenithink. Ia diotaki oleh prosesor ARM Cortex-A8 berkecepatan 1 GHz, dengan memori RAM 512 MB, serta penyimpanan flash sebesar 16 GB.

Gadget ini berplatform Android 2,1, dan mampu menyetel video definisi tinggi 1080 p. Selain model layar 10 inci beresolusi 1024×600, Zenithink juga menyediakan model 7 inci dengan layar beresolusi 800×480. Rencananya gadget ini akan dilempar ke pasaran pertengahan Juni ini, tapi belum ada keterangan resmi mengenai harga. (art)

Sumber : VIVA NEWS
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Others dengan judul Gempuran Ipad China. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL https://darmin-redclaw.blogspot.com/2011/02/gempuran-ipad-china.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Ihsan -

Belum ada komentar untuk "Gempuran Ipad China"

Post a Comment

Thank You For Visiting The Blog, Please Comment Wisely And Match With The Article Post :), No Spam, No Sara, No Bullshit, No Porn And It's Friend